Satu Orangutan Sudah Dilepasliarkan, Satu Lagi Dalam Pemeriksaan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Januari 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah dinyatakan sehat dan layak, orangutan jantan yang di rescue Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama Km.16, Kelurahan Mendawai Seberang, Jumat 3 Januari 2020 akhirnya dilepasliarkan di lokasi Anak Sungai Muara Ali yang berbatasan dengan Taman Nasional Tanjung Puting, Sabtu, 4 Januari 2020.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng Dendi Sutiadi, Minggu, 5 Januari 2019 menjelaskan untuk orangutan lainnya yaitu yang di rescue di Desa Tanjung Putri belum di lakukan translokasi.

"Karena masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut dan mempertimbangkan kondisinya. Lantaran orangutan  jantan itu tidak memiliki gigi taring dan usia sudah tua," jelas Dendi.

Karena, lanjut Dendi, kondisi tersebut sangat mempengaruhi keselamatan orangutan ini saat berada di alam liar.

"Dengan kondisi tanpa taring dan usia tua, dikhawatirkan akan kalah bila bertemu jantan liar lainnya di alam," jelas Dendi.

Dendi mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan orangutan di kebun dan lingkungannya agar bisa segera melaporkan hal ini pada petugas BKSDA atau aparat berwajib terdekat.

"Kalau bisa dilakukan pemantauan kemana orangutan tersebut, agar saat petugas BKSDA tiba dilokasi, bisa langsung dilakukan operasi penyelamatan," jelas Dendi. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru