Pemkab Kotim Harus Waspada DBD di Musim Hujan 

  • Oleh Naco
  • 05 Januari 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Bima Santoso mengakui  di musim hujan seperti sekarang perlu diwaspadai adalah munculnya wabah Demam Berdarah atau DBD.

Bahkan kata Bima Santoso kejadian ini  sudah terjadi di sejumlah titik dan sudah mendapatkan penanganan medis di RSUD Murjani Sampit.

“Beberapa waktu lalu ada yang sudah kena , saya komunikasikan dengan pihak Dinas Kesehatan, Alhamdulillah  langsung  mendapatkan respon positif ditangani dengan fogging oleh Dinas Kesehatan Kotim. Saya secara pribadi sangat mengapresiasi, karena kesigapan seperti ini,“ kata Bima Santoso, Minggu, 5 Januari 2020.


Politisi PKB Kotim itu juga mengharapkan agar fogging di daerah yang rawan dan kumuh harus dilakukan pemerintah. Terutama permukiman yang ada di dalam kota yang kondisinya padat. 

Menurutnya biasanya daerah-daerah permukiman yang padat  itu kerap muncul wabah itu. Maka dari itu dirinya juga memdorong agar Dinkes melakukan pencegahan bersama masyarakat di daerah-daerah yang potensi jadi endemik.


Bima Santoso mengajak semua masyarakat untuk tidak sepenuhnya mengharapkan fogging pemerintah. Sebab fogging yang dilaksanakan sifatnya hanya sebatas pemberantasan. Sementara  masyarakat harus menjaga lingkungan masing-masing dari genangan air atau sampah-sampah yang dibiarkan.


“Aktifkan pembersihan lingkungan masing-masing supaya kita semua terhindar dari wabah itu," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru