Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok, Ruas Tol Trans Sumatera Mulai Berbayar

  • Oleh Inilah.com
  • 05 Januari 2020 - 18:02 WIB

INILAHCOM, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) menginformasikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung resmi diberlakukan tarif normal atau berbayar mulai Senin 6 Januari 2020 pukul 00.00 WIB.

Hal ini menyusul dikeluarkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1194/KPTS/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung tertanggal 20 Desember 2019.

Direktur Utama Bintang Perbowo menyatakan dengan diberlakukannya penerapan tarif ini, pengendara dan pengguna jalan tol dapat mematuhi peraturan yang berlaku di ruas Tol Terpeka sepanjang 189 KM serta mempersiapkan diri sebelum memasuki ruas tol Terpeka.

"Kami menghimbau pengguna jalan dapat memeriksa serta memastikan saldo uang elektronik dalam keadaan cukup sebelum memasuki jalan tol sehingga tidak terjadi penumpukkan kendaraan di gerbang tol. Kami juga berharap agar pengguna jalan mencari tahu terlebih dahulu informasi tarif tol sesuai dengan tujuannya," ujar Bintang melalui siaran pers, Jumat 3 Januari 2020.

Untuk Surat Keputusan Tarif Tol sudah terbit per 20 Desember 2019. Normalnya, tarif tol diberlakukan satu pekan paska dikeluarkannya Keputusan Menteri, namun Hutama Karya selaku BUJT telah memperpanjang masa sosialisasi, dan masih menggratiskan JTTS ruas Tepeka hingga Minggu 5 Januari 2020.

"Kemarin berdasarkan pertimbangan manajemen, Hutama Karya masih perlu memperpanjang sosialisasi, melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Namun sekarang sudah kami tetapkan resmi berbayar di 6 Januari mendatang," tambahnya.

Hutama Karya juga memastikan bahwa pelayanan kepada pengguna jalan adalah nomor satu dengan memastikan telah membuka semua gardu operasi, penyiagaan mobile reader untuk percepatan transaksi di gerbang tol, layanan derek gratis hingga menyiagakan teknisi peralatan tol.

"Di sepanjang trans sumatra juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti fasilitas pelayanan lalu lintas hingga fasilitas transaksi. Terdapat 124 kendaraan siaga (Ambulance, Mobil Derek dan PJR), dan 39 unit VMS di sepanjang tol Trans Sumatera," ucapnya.

Sedangkan fasilitas pelayanan transaksi terdapat 124 titik Gardu Tol Otomatis, 30 unit mobile reader, dan 21 titik lokasi top up uang elektronik.

Demi memaksimalkan pelayanan, Hutama Karya juga membuka nomor call center pada 0721-5618009 dan WA di 0811 791 0812 untuk Ruas Bakauheni Terbanggi Besar.

Sementara untuk Ruas Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung, para pemudik dapat menghubungi nomor 0813 2900 0020 untuk call center dan Whatsapp. (Inilah.com)

Berita Terbaru