Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tesla Garap Baterai untuk Pemakaian 1,6 Juta Km

  • Oleh Inilah.com
  • 05 Januari 2020 - 19:12 WIB

INILAHCOM, Palo Alto - Tesla kabarnya sedang mengembangkan paket baterai mobil listrik yang mampu bertahan untuk pemakaian hingga jarak tempuh 1 juta mil atau sekitar 1,6 juta kilo meter.

Mengutip Carscoops, Tesla telah bekerja sama dengan para ilmuwan dari Universitas Dalhousie, Kanada sejak April 2019 untuk menciptakan baterai lithium-ion berteknologi baru.

Baterai ini diklaim lebih unggul dari baterai lithium-ion biasa yang digunakan kebanyakan mobil listrik saat ini.

Baterai 100 kWh yang saat ini digunakan varian Tesla Model S dan Model X, performanya diklaim hanya bertahan di antara 1.000-2.000 siklus pengisian.

Sedangkan lithium-ion berteknologi baru hanya kehilangan 5 persen dari kapasitasnya setelah melalui 1.000 siklus pengisian dan masih menampung 90 persen dari kapasitasnya meski telah mengalami 4.000 siklus pengisian.

Baterai baru ini tersusun dari struktur kristal katoda dan susunan kimiawi baru yang lebih tahan dari kerusakan akibat siklus pengisian daya.

Teknologi ini juga meningkatkan kepadatan energi dan efisiensi jauh menggungguli baterai yang digunakan saat ini.

CEO Tesla, Elon Musk mengatakan paket baterai 1 juta mil itu bisa sangat berguna untuk truk jarak jauh yang sering dikendarai hingga 150 ribu mil per tahun.

Namun segmen mobil penumpang, paket baterai itu mungkin tidak memberi manfaat banyak karena umur rata-rata untuk sebuah kendaraan di AS hanya 150 ribu mil.

Meski sebagian besar produsen kendaraan listrik lebih menyukai teknologi baterai solid-state, Musk percaya teknologi lithium-ion memiliki masa depan yang menjanjikan. (Inilah.com)

Berita Terbaru