Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beberapa Organ Bayi Kembar Siam Diduga Menyatu

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Januari 2020 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dokter spesialis anak dr. Diah Erma menyampaikan bahwa beberapa organ dalam bayi kembar siam yang lahir di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), diduga menyatu. 

"Pasien atas nama Istikharoh (30 tahun) tiba di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Sabtu, 4 Januari 2019 dengan kondisi ketuban pecah terlebih dahulu. Ia diantar oleh petugas medis dari klinik lain dan diketahui kehamilannya gemeli atau mengandung anak kembar, masing-masing bayi memiliki kelamin dan anus," kata Diah pada jumpa pers, Senin, 6 Januari 2020.

Menurut Diah, dari hasil  rontgen waktu itu hanya diketahui bahwa bayi dalam kandungan tersebut kembar.

"Kondisi kembar siam menempel bagian dada dan perut baru diketahui setelah dilakukan operasi. Saat lahir diketahui sepasang bayi tersebut terdapat dalam 1 ketuban, 2 pusar dan 1 plasenta," jelas Diah.

Diah menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan dan pantauan kesehatan bayi hingga saat ini diketahui kondisi bayi semakin baik.

"Namun selain belain bagian luar tubuh yang terlihat menyatu, beberapa organ bagian dalam tubuh bayi kembar tersebut diduga menyatu. Dari hasil x-ray diduga ronggga tulang dada bersatu, jantung juga nampak bersatu. Tetapi  masih belum bisa dipastikan apakah jantung itu terdiri dari sebuah atau 2 buah jantung," jelas Diah.

Selain itu, lanjut Diah, bagian hati atau liver ada 2 buah yang juga bersatu. "Bagian usus terdapat beberapa bagian yang bersatu. Walau demikian hal ini masih harus dipastikan terlebih dahulu melalui Magnetic resonance imaging (MRI) atau pencitraan resonansi magnetik. Itu merupakan pemeriksaan yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh," demikian Diah menyampaikan. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru