2 Puskesmas di Gunung Mas Sudah Akreditasi

  • Oleh Hendra
  • 06 Januari 2020 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Kesehatan atau Dinkes Gunung Mas, Maria Efianti mengatakan, dua Puskesmas yakni Tumbang lapan Kecamatan Rungan Hulu dan Tumbang Mahuroi Kecamatan Damang Batu, di Kabupaten Gunung Mas sudah akreditasi. 

"Sebelumnya, kedua puskemas tersebut belum terakreditasi dan masih dalam tahap penilaian dari tim surveyor akreditasi Puskesmas beberapa waktu lalu,  dan saat ini 2 Puskesmas itu pun telah terakreditasi," katanya di ruang kerjanya,  Senin 6 Januari 2020.

"Jadi saat ini, sebanyak 17 Puskesmas di Kabupaten Gunung mas telah terakreditasi semua," tambahnya dengan bangga. 

Dia menjelaskan, konsep akreditasi Puskesmas merupakan untuk menjamin mutu, bahwa pelayanan yang diberikan di fasilitas kesehatan tingkat pratama atau FKTP sudah sesuai standar.

Tujuan kreditasi puskesmas ini sedendiri untuk pembinaan dan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, seperti sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. 

Manfaat akreditasi puskesmas antara lain meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, konsistensi dalam bekerja dan menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas.

"Memalui akreditasi ini masyaraktat, mendapat jaminan kualitas melalui pelayanan yang baik oleh tenaga kesehatan di Puskesmas,” jelasnya. (HENDRA/B-5) 

Berita Terbaru