Kepala Dinas Kesehatan Gunung Mas Nilai Kedisiplinan Tenaga Kesehatan Meningkat

  • Oleh Hendra
  • 06 Januari 2020 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Kesehatan Gunung Mas,  Maria Efianti mengatakan kedisiplinan tenaga kesehatan sepanjang 2019 mengalami peningkatan. 

"Kedisiplinan tahun ini ada peningkatan. Namun masih ada beberapa tempat perlu ditingkatkan lagi," kata Maria di ruang kerjanya, Senin 6 Januari 2020.

Menurutnya selain peningkatan kedisiplinan, peningkatan sumber daya manusia tenaga kesehatan juga perlu ditingkatkan, seperti skil dan ilmu pengetahuan, supaya pelayanan kesehatan di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini menjadi lebih baik. 

Dia mengaku pihaknya terus mendorong dan mengupayakan peningkatan tenaga kesehatan dengan mengikut sertakan tenaga kesehatan puskesmas pada pendidikan pelatihan manajeman Puskesmas. 

Selain peningkatan tenaga kesehatan perawat, pihaknya juga meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan bidan yaitu dengan asuhan persalinan normal (APN).

APN, lanjutnya adalah asuhan yang bersih dan aman dari setiap tahapan persalinan, mulai dari kala satu sampai dengan kala empat dan upaya pencegahan komplikasi terutama pendarahan pasca persalinan, hipotermia dan asfiksia pada bayi baru lahir. 

"Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, diharapkan pengetahuan tenaga kesehatan menjadi bertambah dan pelayanan kesehatan di daerah kita ini menjadi lebih meningkat" tuturnya. (HENDRA/B-5) 

Berita Terbaru