Pencegahan Penularan HIV Paling Efektif Adalah Setia dengan Pasangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Januari 2020 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Simon Biring mengatakan cara pencegahan penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang paling efektif adalah setia dengan kepada pasangan.

“Tidak ada cara paling efektif mencegah penularan virus HIV/AIDS kecuali setia dengan pasangan. Kalau ada obat itu hanya untuk melemahkan virus saja, bukan untuk membuat sembuh total,” katanya.

Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur mengalami kendala untuk melakukan pencegahan penularan virus yang paling mematikan itu karena sangat sulit mendeteksi masyarakat yang terjangkit.

"Mereka tertutup dan tidak mengaku kepada dokter atau rumah sakit, kalaupun ada data itu umumnya mereka yang sudah parah  di level stadium 3 dan stadium empat," imbuhnya.

Ditambahkan, tidak mungkin pihaknya menyisir tiap rumah di wilayah Barito Timur, karena selain karena tidak ada anggaran untuk itu, juga membuat masyarakat menjadi risih.

“Jadi saat ini kami hanya bisa mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan setia terhadap satu pasangan saja,” imbuhnya.

Simon mengimbau masyarakat yang beresiko tertular HIV untuk melakukan pemeriksaan secara rutin di RSUD Tamiang Layang.

"Jika terindikasi maka akan segera diberi obat secara gratis dan yang paling penting rahasia pasien akan dijamin,” janjinya.

Diketahui, Pada saat memberikan sambutan sekaligus membuka Pelatihan Kader Nahdatul Ulama (NU) Angkatan ke-V Tahun 2019 se-Kabupaten Barito Timur di Aula Hotel Ade Tamiang Layang, Kamis 26 Desember 2019 lalu, Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengungkapkan ada 97 orang di Barito Timur yang tertular HIV.

"Ada sekitar 97 orang, dan penderita terbanyak di Kecamatan Dusun Timur," kata Ampera saat itu. (BOLE MALO/B-6) 

Berita Terbaru