Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selingkuh Lewat Media Sosial Jadi Alasan PNS Sering Cerai

  • Oleh Hendri
  • 07 Januari 2020 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Alasan di balik perceraian pasangan suami istri yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS diungkapkan oleh salah satu majelis hakim di Pengadilan Agama Palangka Raya.

Zuraidah Hatimah, salah satu hakim senior yang kerap menyidangkan perkara perceraian mengungkapkan kebanyakan pasangan ingin bercerai karena pasangan selingkuh melalui sosial media atau sosmed.

Fenomena ini bukan hanya terjadi pada kalangan pegawai saja, tapi hampir seluruh perkara yang pernah ditangani.

"Selingkuh atau mendua itu memang sering terungkap dalam persidangan tertutup. Alasan berikutnya adalah persoalan nafkah dan terjadi pertengkaran terus-menerus antar pasangan," ungkapnya, Selasa 7 Januari 2020.

Selama puluhan tahun ia menjadi hakim, pasangan yang ingin cerai karena ada orang ketiga, sehingga sangat sulit untuk didamaikan dan rujuk kembali.

Padahal untuk alasan lain, biasanya pasangan masih bisa berdamai setelah dimediasi oleh majelis hakim.

"Sebagian masih mau berdamai setelah melalui proses mediasi. Tapi yang sering kita temui, selingkuh itu seperti harga mati dan harus bercerai. Sangat sulit," tuturnya.

Sementara itu Panitera Pengadilan Agama, Hamidi melalui Panmud Hukum, Siti Rumiah menyebutkan 38 putusan cerai PNS dikarenakan pertengkaran atau perselisihan.

Kemudian 3 putusan akibat meninggalkan pasangan, 1 perkara karena dihukum penjara dan terakhir karena mabuk dan murtad. "Tahun ini tersisa 55 perkara yang belum putus," tandasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru