Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Jasa Keuangan Tetap Stabil di 2019

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Januari 2020 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rapat Dewan Komisioner atau RDK Otoritas Jasa Keuangan menilai stabilitas sektor jasa keuangan di tahun 2019 lalu dalam kondisi terjaga. Hal ini dibenarkan Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Iwan Tri Handoyo.

"Stabilitas sektor jasa keuangan ini terbukti dengan intermediasi sektor jasa keuangan membukukan kinerja positif dan profil risiko industri jasa keuangan manageable," kata Iwan kepada Borneonews pada Rabu, 8 Januari 2020.

Sentimen positif yang berasal dari kesepakatan perang dagang AS-Tiongkok dan kemenangan PM Boris dalam pemilu Inggris mewarnai dinamika perekonomian global di akhir 2019.

"Selain itu, berlanjutnya kebijakan dovish oleh beberapa bank sentral negara maju terus menjaga likuiditas global dan penguatan pasar keuangan global," terangnya.

Sampai dengan 20 Desember 2019, lanjut Iwan, pasar SBN mengalami penguatan dengan yield turun sebesar 94,2 bps ytd disertai dengan aliran investor nonresiden ke pasar SBN tercatat Rp171,0 triliun.

"Sementara itu, pasar saham menguat sebesar 4,53% mtd atau 1,45% ytd menjadi 6.284,4. Penguatan ini ditopang oleh aliran masuk investor nonresiden. Secara ytd investor nonresiden mencatatkan net buy di pasar modal sebesar Rp47,8 triliun," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru