Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendaftaran Calon Jamaah Haji di Kabupaten Kapuas Tergolong Tinggi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Januari 2020 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pendaftaran Calon Jamaah Haji di Kabupaten Kapuas yang tercatat di Kantor Kemenag setempat tergolong tinggi. Animo masyarakat untuk melaksanakan rukun Islam ke lima yaitu menunaikan ibadah haji dari tahun ketahun semakin meningkat.

Bagian pendaftaran dan pembatalan haji kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, Hindon mengatakan masyarakat yang mendaftar haji di Kantor Kemenag setempat Kabupaten Kapuas semakin banyak.

"Iya, pendaftaran Calon Jamaah Haji di Kapuas tergolong tinggi. Tercatat yang mendaftar pada tahun 2019 sebanyak 846 orang. Sementara yang melaksanakan ibadah umrah sebanyak 421 orang," ucap Hindon, Rabu, 8 Januari 2020.

Ia menuturkan, keinginan masyarakat muslim Kapuas untuk berhaji sangatlah tinggi, begitu juga pelaksanaan ibadah umrah. "Hal ini dapat dipantau dari banyaknya permintaan rekomendasi umrah pada kantor Kemenag Kapuas," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H Asyhadi mengatakan, memang benar bahwa kesadaran beragama masyarakat muslim Kabupaten Kapuas untuk melaksanakan rukun islam ke lima itu cukup bagus.


"Namun disisi lain hal ini akan membuat makin panjangnya antrian untuk keberangkatan jamaah haji. Saat ini, masa tunggu keberangkatan jamaah haji mencapai 22 tahun untuk wilayah Kalimantan Tengah," ucap Asyhadi.

"Oleh karena itu, bagi yang mendaftar di tahun 2019 perlu bersabar karena di perkirakan 22 tahun baru bisa diberangkatkan," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan tahun 2019, jumlah jamaah yang masuk dalam daftar tunggu atau waiting list se Kalimantan Tengah adalah 33.622 orang. "Sementara jamaah haji Kabupaten Kapuas yang masuk dalam daftar tunggu sudah mencapai  6.107 orang," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru