Bupati Katingan: Musim Kemarau 2020 Diprediksi Lebih Panas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Januari 2020 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas menyebut musim kemarau 2020 diprediksi bakal lebih panas dibanding 2019.

Demikian disampaikan bupati saat memimpin apel gelar pasukan dan sarana prasarana aman Nusa II, Rabu, 8 Januari 2020.

"Untuk musim kemarau tahun ini berdasarkan informasi yang kami terima, kalau kemarau mungkin agak lebih panas lagi dibanding tahun lalu dan mudah-mudhaan ini tidak terjadi," harapnya.

Pada 2019 di Katingan sempat terjadi kabut asap saat musim kemarau. Menurutnya, apel kesiapsiagaan bencana ini dalam rangka mengantisipasi bencana alam, baik yang dibuat manusia maupun oleh alam.

Saat ini curah hujan sudah mulai meningkat, namun demikian wilayah Katingan saat ini masih aman dari bencana banjir.

Di Katingan, ada Sungai Katingan yang panjangnya lebih dari 600 kilo meter. Sungai ini berhulu di wilayah Kecamatan Bukit Raya dan bermuara di wilayah Kecamatan Katingan Kuala dengan berbatasan langsung dengan laut Jawa.

Sungai Katingan ini hampir melintasi semua wilayah kecamatan di Katingan. Biasanya jika terjadi hujan lebat si bagian hulu, maka Sungai Katingan ini akan meluap.

Akibatnya beberapa wilayah kecamatan terkena dampak banjir, namun biasanya banjir yang agak lama terjadi di wilayah hilir, sebab di sana merupakan titik pertemuan antara air sungai dengan air laut. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru