Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusda Barito Utara Diminta Bangun Pabrik Pakan Ikan dan Ternak

  • Oleh Ramadani
  • 08 Januari 2020 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kalangan DPRD Barito Utara mendorong Perusahaan Daerah (Perusda) Batara Membangun untuk membangun pabrik pakan untuk ternak ayam dan ikan.

Pasalnya, Kabupaten Barito Utara memiliki banyak potensi kekayaan alam, salah satunya di sektor pertanian. Apalagi daerah ini menjadi sentra produksi pertanian jagung. 

Di samping sebagai tambahan usaha baru, hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Kalangan berpandangan, pembangunan pabrik pakan ternak dan ikan tidak akan menggangu usaha masyarakat yang sudah ada. Apalagi, pabrik untuk itu belum ada di sini.

Disamping itu, hasil produksi tanaman jagung yang menjadi bahan utama pembuatan pakan di daerah ini pun cukup berlimpah.

“Kita mendorong Perusda Batara Membangun untuk membuat pabrik pakan ternak dan ikan di daerah ini. Sebab, pakan ikan dan ternak ayam untuk Barito Utara atau masih didatangkan dari luar daerah,” kata Ketua Komisi III DPRD Barito Utara, Tajeri, Rabu, 8 Januari 2020.

Pembangunan pabrik itu dinilai akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan perkembangan pembangunan daerah. Petani jagung juga akan lebih bersemangat sebab ada pabrik yang membeli hasil pertaniannya.

Selain itu, untuk harga pakan ternak ayam dan ikan di wilayah ini juga akan lebih murah karena diproduksi langsung di wilayah sendiri. 

“Yang membuat harga pakan ternak ayam dan ikan mahal di daerah ini karena barangnya didatangkan dari luar daerah, sehingga memerlukan biaya angkut. Jika kita memproduksi sendiri tentu lebih murah,” kata anggota DPRD lainnya Surianor menambahkan. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru