Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Sudah Dua Kali Lakukan Studi Kelayakan Riam Jerawi untuk PLTA

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Januari 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemkab Katingan sudah dua kali melakukan studi kelayakan Riam Jerawi di Desa Tumbang Tangoi, Kecamatan Petak Malai, untuk dikembangkan sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Kabag Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Katingan, Karya Darma, Rabu, 8 Januari 2020 menuturkan, jika Riam Jerawi selama ini sudah beberapa kali disurvei oleh pihak ketiga.

"Pemerintah Kabupaten Katingan sudah dua kali melakukan studi kelayakan Riam Jerawi itu, yaitu tahun 2009 dan 2012 lalu," kata Karya Darma.

Menurut Karya Darma, dari hasil studi kelayakan itu, ada beberapa pihak ketiga yang meminta izin untuk melakukan survei di Riam Jerawi itu.

"Termasuk investor dari China yang meminta izin melakukan survei itu. Tapi tidak ada konfirmasi lebih lanjut kepada pemerintah daerah," sebut Karya Darma.

Dari studi kelayakan yang dilakukan sebelumnya, Riam Mangkikit dikatakan memiliki prospek bagus untuk dikembangkan sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

"Berdasarkan hasil uji kelayakan, kemampuan Riam Mangkikit bisa menyuplai sampai dengan beban puncak 52 megawatt. Itu cukup besar dan bisa menerangi seluruh wilayah Kabupaten Katingan ini," kata Karya Darma.(ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru