Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aktivitas Pemerintahan Desa Kenyala Dipindah ke Rumah Kades

  • Oleh Naco
  • 08 Januari 2020 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aktivitas pemerintahan di Desa Kenyala, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur terpaksa dialihkan ke rumah kepala desa. 

Pasalnya, hingga saat ini sekelompok warga masih menyegel kantor desa tersebut. Bahkan, mulai menebar ancaman akan melakukan aksi kekerasan jika perangkat desa melakukan aktivitas di kantor desa.

“Sementara ini kami pindah ke rumah pribadi. Saya sebenarnya tidak mau pelayanan dan roda pemerintahan desa lumpuh," kata Kepala Desa Kenyala, Sahewan Harianto, Rabu, 8 Januari 2020.

Menurutnya, bagi perangkat desa memang tidak masalah, tetapi masyarakat lah yang jadi korbannya. Karena mereka butuh pelayanan pemerintahan desa.

Sahewan mengungkapkan, penyegelan kantor desa ini akibat ketidakpuasan sekelompok pihak terhadap perekrutan aparatur desa. Pihak yang mereka jagokan saat perekrutan lalu ternyata gugur dan tidak terpilih kembali. 

Kades mengklaim semuanya dilakukan sesuai dengan prosedur dan melalui tim panitia seleksi. Bahkan hasil itu bisa dipertanggungjawabkan pihaknya. 

“Harusnya kalau memang tidak suka ya jangan begitu, kalau mau gugat ya gugat jangan segel kantor desa begitu,“ tegas Sahewan.

Dia mengaku cukup sabar menghadapi warganya yang demikian. Dia tidak ingin ada gesekan di masyarakat. Maka dari itu, dia menempuh jalur hukum dengan melaporkan penyegelan itu kepada polisi.

“Saya lapor rencananya hari ini ke Polsek Kota Besi. Karena tidak mungkin ini didiamkan. Sampai kapan berakhir kalau tidak kita bawa ke ranah hukum, biar ini jelas. Apalagi mereka menyegel sejak 24 Desember 2019 lalu sampai sekarang," tandas Sahewan. (NACO/B-11)

Berita Terbaru