Dinas Pertanian Pulang Pisau Siapkan 40 Hektare Lahan untuk Holtikultura

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 09 Januari 2020 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau menyiapkan sekitar 40 hektare lahan untuk tanaman holtikultura pada tahun ini. Holtikultura yaitu tanaman berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Puluhan hektare lahan yang disiapkan itu terbagi pada semua kecamatan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. Yaitu Kecamatan Kahayan Hilir, Maliku, Pandih Batu, Kahayan Kuala, Sebangau Kuala, Jabiren, Kahayan Tengah dan Banama Tingang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto mengatakan, penyediaan bibit untuk holtikultura disediakan oleh pemerintah. Baik melalui APBD kabupaten dan provinsi maupun APBN. 

"Seperti cabe, tomat, terong dan jenis sayuran lainnya," kata Slamet, Kamis 9 Januari 2020. 

Ia menambahkan, untuk lokasi lahan yang disiapkan itu diyakini cocok untuk bertanam holtikultura. Para petani yang menanam jenis tanaman holtikultura ini juga cukup banyak. 

"Karena tanaman ini bernilai ekonomis yang cukup baik. Sebab kebutuhan akan sayur itu cukup tinggi," ucap Slamet. 

Slamet berharap, masyarakat yang memiliki lahan kosong yang cukup strategis bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman holtikultura. Sehingga bisa bernilai ekonomis dan lahan itu tidak terbengkalai sia-sia. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru