Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Pihak Bantu Operasi Bayi Kembar Siam di Pangkalan Bun

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Januari 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Operasi pemisahan bayi kembar siam yang lahir di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 4 Januari 2020, biayanya diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. Selain Selain ada tanggungan BPJS Kesehatan, ada juga bantuan dari berbagai pihak dari kabupaten maupun luar daerah

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr Fachruddin, Kamis, 9 Januari 2020, menjelaskan tidak semua proses penanganan lanjutan bayi kembar siam tersebut ditanggung asuransi kesehatan.

"Pasien tergolong dalam keluarga tidak mampu. Selain BPJS Kesehatan, penanganan dan pasca operasi, serta pendanaannya juga ditanggung Pemkab Kobar, Yayasan Bayi Kembar, dan para donatur dari berbagai tempat," jelas Fachruddin.

Untuk itu, berdasarkan hasil rapat berbagai pihak termasuk melibatkan Polres Kobar, RSUD Sultan Imanuddin membuka rekening atas nama ibu bayi kembar siam tersebut.

"Tujuannnya agar para donatur bisa secara langsung mengirimkan bantuan yang digunakan untuk perawatan serta penanganan operasi bayi kembar siam itu. Rekening di Bank BRI atas nama Istiharoh dengan nomor rekening 1491-01-002835-53-8 ," jelas Fachruddin.

Berdasarkan pemeriksaan awal, diduga ronggga tulang dada bayi itu bersatu, begitu juga jantung. Tetapi masih belum bisa dipastikan apakah jantung itu terdiri dari sebuah atau 2 buah jantung. Selain itu, bagian hati atau liver ada 2 yang juga menyatu. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru