Ratusan Personel Gabungan Disigakan untuk Penanggulangan Bencana di Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Januari 2020 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ratusan personel gabungan disiagakan untuk menghadapi serta menanggulangi bencana di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Baik dari TNI, Polri, dan stakeholder terkait lainnya.

Kapolres Kobar, AKBP E Dharma B Ginting menyampaikan, jumlah personel polres yang disiagakan ada 380 orang, ditambah dari Kodim 1014 Pangkalan Bun, Mako Brimob 1 pleton, BPBD, Tagana, Damkar, dan Tim SAR.

"Upaya penanggulangan bencana alam harus dilaksanakan secara sinergis antara TNI Polri serta stakeholder maupun potensi masyarakat lainnya. Sebagai leading sector yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD," kata Dharma B Ginting usai memimpin apel Aman Nusa II 2020, di halaman Mapolres Kobar, Kamis, 9 Januari 2020.

Polres Kobar juga memastikan kesiapan alat yang digunakan dalam penanggulangan bencana. Paling tidak, sarana dan prasarana bisa didistribusikan ke daerah rawan bencana.

"Harapannya dari semua itu, percepatan penanganan ketika kemungkinan musibah terjadi. Sehingga perlu dicek kesiapan sarpras dan SDM kita," kata Dharma B Ginting.

Dijelaskannya, peralatan dan sarana prasarana pendukung yang dimiliki oleh masing-masing instansi dalam penanggulangan bencana memang masih sangat terbatas. Untuk itu, perlu partisipasi, kerjasama, dan koordinasi dari instansi terkait.

"Kesiapan peralatan dan satuan tugas penanggulangan bencana harus sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya. Sehingga siap digerakkan sewaktu-waktu ketika bencana alam terjadi," tandasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru