Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siaga Bencana, Kodim 1014 Pangkalan Bun Pantau Sungai Arut

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Januari 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kodim 1014 Pangkalan Bun memantau sungai arut menggunakan perahu motor jenis LCR atau perahu karet. Hal itu sebagai bentuk kesiagaan menghadapi puncak cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi antara Desember 2019 - Maret 2020.

Pemantaun tersebut sekaligus untuk mengecek kesiapan sarana dan parasarana penunjang dalam mengantisipasi serta menanggulangi bencana alam.

Dandim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu menyampaikan, pemantauan sekaligus uji coba alat merupakan kesiapan sarana dan prasarana yang dimiliki Kodim.

"Itu implementasi dari kesiapsiagaan kami dalam memghadapi keadaan alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Seperti saat ini, intensitas hujan meningkat. Kalau setiap hari hujan deras, bisa saja debit air Sungai Arut meluap dan menyebabkan banjir," kata Yudi Rianto, Kamis, 9 Januari 2020.

Pihaknya juga mempersiapkan beberapa fasilitas, seperti alat potong kayu, perahu motor, peralatan penyelamatan korban banjir, serta motor trail yang mampu menempuh segala medan.

Dandim menambahkan, perahu karet selain disiagakan di Kodim Pangkalan Bun, juga disiagakan di Kelurahan Arut Utara, tepatnya Koramil 04/Pangkut.

"Kita antisipasi wilayah yang memang berpotensi terjadi banjir, khususnya di pinggiran Sungai Arut," tandasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru