Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebutuhan Blangko KTP Elektronik di Kotim Harus Terpenuhi

  • Oleh Naco
  • 09 Januari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mendorong pemkab mengupayakan blangko KTP elektronik dari pemerintah pusay, agar mencukupi kebutuhan daerah ini.

Handoyo mengaku bingung dengan kinerja pemerintah pusat, sehingga penyediaan blanko KTP elektronik ini tak kunjung tuntas.

"Karena tidak beres ini jadi masalah buat kita di daerah," kata Handoyo, Kamis, 9 Januari 2020.

Di satu sisi, pemerintah gencar menyampaikan agar tertib administrasi. Tetapi, kemampuan melayani masyarakat yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan juga tidak maksimal.

Saat ini segala urusan selalu menggunakan dokumen kependudukan. Dan jika tidak mengantongi, maka akan kesulitan mendapatkan pelayanan.

“Intinya ini akibat pemerintah pusat yang tidak mampu menghadapi permintaan penduduk untuk mengurus administrasi kependudukan. Stiap  diusulkan, blanko KTP kekurangan,” tegasnya.

Beberapa tahun terakhir, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotim  gencar melakukan perekaman data diri penduduk di kabupaten ini. 

Langkah itu disambut positif masyarakat yang juga aktif untuk mengikuti perekaman data. Masalah muncul karena ternyata blangko yang dikirim pemerintah pusat ke daerah ini sangat sedikit.

Handoyo mendukung langkah pemerintah kabupaten mengajukan usulan penambahan blanko KTP elektronik kepada pemerintah pusat sekitar 30.000 lembar. Apalagi KTP sangat penting bagi masyarakat, terlebih tahun ini akan digelar pilkada dan pilkades. (NACO/B-11)

Berita Terbaru