Pedagang Durian Direlokasi ke Pangkalan Bun Park Berharap Keadilan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Januari 2020 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Para pedagang durian berharap keadilan. Ini terkait relokasi pedagang tersebut ke Pangkalan Bun Park karena berjualan di bahu jalan kawasan Bundaran Pancasila, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Para pedagang durian yang direlokasi berharap agar bukan hanya mereka saja yang  ditertibkan. Namun juga seluruh pedagang di dalam kota yang menggunakan bahu jalan sebagai tempat berjualan buah musiman tersebut.

Menurut  Nopen, salah seorang pedagang  asal Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalbar yang berjualan ditempat tersebut mengatakan bahwa, mereka bersedia direlokasi, namun hal tersebut juga wajib dilakukan oleh pedagang serupa.

"Karena bila ada salah satu pedagang durian yang menggunakan bahu jalan di dalam kota tetap berjualan, maka pembeli pasti mendatangi tempat tersebut dengan alasan lebih mudah. Tentunya wajar bila kami kuatir dagangan buah durian kami tidak laku," ujar Nopen, Kamis, 9 Januari 2020.

Meski awalnya Nopen sempat menolak, setelah mendapatkan penjelasan dari anggota Satpol PP Kobar bahwa pedagang durian di bahu jalan ynag ada di dalam kota juga ditertibkan dan direlokasi ke Pangkalan Bun Park, ia dan sskitar 25 pedagang yang berjualan ditempat tersebut, menerima dan bersedia pindah ke Pangkalan Bun Park, Sabtu, 11 Januari 2020.

"Artinya bila Pangkalan Bun Park dijadikan sentra penjualan durian, dibalut dengan event tertentu agar menarik minat pembeli seperti yang disampaikan Bapak Lurah dan Satpol PP Kobar, saya sementara ini menerima dan bersedia pindah sesuai kemauan mereka," jelas Nopen.

Namun, lanjut Nopen, sekali lagi ia meminta agar aturan ini diterapkan juga pada seluruh pedagang durian yang menggunakan bahu jalan.

Ditempat yang sama Kasi Ops Satpol PP Kobar Gusti Muhammad Roeis menjelaskan terkait relokasi tersebut, pihaknya juga bakal melakukan patroli dan imbauan pada seluruh pedagang durian didalam kota yang menggunakan bahu jalan untuk berjualan.

"Nantinya para pedagang kami imbau untuk pindah berjualan ke kawasan Pangkalan Bun Park. Bila imbauan tersebut tidak diindahkan tentunya tindakan tegas bakal diambil. Karena tentunya penertiban ini bukan hanya berlaku pada satu pihak atau kelompok saja, namun bagi seluruh pedagang," jelas Roeis. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru