Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Minta APIP Tingkatkan Integritas dan Kapabilitas

  • Oleh Hendri
  • 10 Januari 2020 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta kepada Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) untuk meningkatkan integritas dan kapabilitas dalam pengawasan terhadap kinerja pemerintah.

Fairid mengatakan, peningkatan ini bisa dilakukan melalui Kordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) berdasarkan prosedur yang telah ditentukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Peningkatan integritas serta kapabilitas ini mempunyai korelasi terhadap Egovernment dalam penyelenggaraan pemerintahan," katanya, Jumat, 10 Januari 2020.

Sebelumnya, wali kota memberikan ucapan selamat kepada APIP yang berada di bawah Inspektorat Kota Palangka Raya. APIP mendapat nilai sempurna dari BPKP atas kinerjanya dalam pengawasan.

Adapun elemen yang dinilai, kata Fairid, di antaranya tentang peran dan layanan, pengelolaan SDM, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, serta struktur dan tata kelola.


"Semua elemen itu mendapatakan nilai 3. Nilai itu merupakan angka tertinggi dari penilaian BPKP," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru