Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kotawaringin Barat Petakan Wilayah Rawan Bencana Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Januari 2020 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar telah memetakan wilayah sering terjadinya banjir, saat intensitas hujan di Kotawaringin Barat mulai meningkat.

Setiap tahunya BPBD Kobar telah memetakan titik rawan banjir saat intensitas hujan meningkat di Kobar, ada empat kecamatan yaitu Kecamatan Arut Selatan, Kecamata Kotawaringin Lama, Kecamatan Arut Utara, dan Kecamatan Pangkalan Banteng.

Fahrulaji, Kasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan, empat kecamatan tersebut hampir setiap tahun terjadi benjir karena luapan air sungai. Hal ini menjadi fokus pemerintah dan instansi terkait dalam menangani bencana alam di Kobar.

"Untuk pemetaan wilayah yang sering terjadi banjir di Kobar, ada di empat kecamatan," kata Fahrul, Jumat, 10 Januari 2020.

Menurut Fahrul, untuk lokasi di Kecamatan Arut Selatan ini ada empat titik rawan banjir, yaitu Kelurahan Baru, Runtu, Sulung, Umpang, dan Kenambui.

"Dari pemetaan yang dilakukan, kita sudah mengetahui wilayah mana saja yang harus diperhatikan saat musim hujan nanti," ujarnya.

Dari hasil pemetaan tersebut akan ada personiel tim gabungan terdiri, BPBD, TNI, Polri, Tagana, Tim Sar dan sejumlah relawan itu bisa fokus penanganan ke titik yang rawan banjir, sehingga setiap ada informasi bisa langsung ditangani oleh tim gabungan. (DANANG)

Berita Terbaru