Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalangan DPRD Kotim Soroti Bangunan Proyek Pemerintah Tidak Berfungsi

  • Oleh Naco
  • 10 Januari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kalangan DPRD menyoroti sejumlah bangunan proyek pemerintah di Kota Sampit yang tidak berfungsi. Seperti disampaikan anggota komisi I DPRD, Rimbun.

Rimbun mendesak agar bangunan seperti pasar di kawasan eks Mentaya  dan bangunan lainnya segera difungsikan. Minimal tahun 2020 ini semua bangunan aset itu sudah fungsional, mengingat sudah terlalu lama tidak dikelola.

Dia menjelaskan, DPRD dalam persetujuan anggaran untuk pembangunannya itu, mengorbankan pembangunan yang tidak kalah penting. 

Namun atas argumentasi eksekutif yang menyakinkan, DPRD tidak jarang menyepakati usulan eksekutif. Namun dalam perjalanannya banyak yang tidak fungsional. Eksekutif sendiri justru bingung memanfaatkannya.

"Kita lihat banyak bangun-bangunan tidak berfungsi. Apalah artinya bangunan itu jika tidak digunakan. Anggaran yang dikucurkan jadi tidak produktif. Ya ujungnya akan rusak," kata Rimbun, Jumat, 10 Januari 2020.

Rimbun menyebutkan pola pikir demikian harus dihilangkan. Eksekutif jangan hanya berpikir membangun, tapi tidak tahu ketika pemanfaatan bangunan itu saat selesai.

Sebuah anggaran itu bisa dikatakan bermanfaat jika sudah difungsikan. Dan jika tidak, artinya sia-sia saja anggaran itu.

Politisi PDIP ini sangat menyayangkan itu. Bahkan, dia menyimpulkan jika dalam pembangunan itu perencanaannya hanya sebatas formalitas. (NACO/B-11)

Berita Terbaru