Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Buntok Prediksi Curah Hujan Pertengahan Januari Masuk Kategori Menengah

  • Oleh Uriutu
  • 10 Januari 2020 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Buntok memprediksi curah hujan pada pertengahan Januari 2019 masuk dalam kategori menengah.

Kepala Stasiun Meteorologi Buntok, Musuhanaya mengatakan curah hujan pada dasarian 1 dari 1 hingga 10 Januari 2020 ini masuk dalam kategori menengah antara 75 hingga 100 mili meter.

"Begitu juga perkiraan curah hujan pada dasarian 2 dari11-20 Januari, dan dasarian 3 dari 20 hingga 31 Januari 2020," katanya, Jumat, 10 Januari 2020.

Sementara sifat hujan pada dasarian 1 masih bawah normal yakni antara 51-84 persen, dan pada dasarian 2 dan dasarian 3 masuk kategori normal antara 85 hingga 115 persen.

Sedangkan akumulasi curah hujan hingga minggu depan diprediksi mencapai 150 mili meter. Potensi hujan tdiperkirakan disertai dengan petir, namun tidak masuk dalam kategori ekstrim, karena kalau kategori ekstrim curah hujannya 150 mili meter per hari.

Untuk potensi banjir di wilayah Kecamatan Dusun Selatan, kategorinya banjir menengah, dan banjir akan terjadi tergantung akumulasi curah hujan dari daerah hulu yakni wilayah Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara.

"Kalau akumulasi curah hujan pada dua wilayah kabupaten itu lebat, maka di wilayah Barito Selatan akan terjadi banjir kiriman, dan masyarakat diminta untuk terus waspada," jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat supaya berhati-hati, karena potensi hujan diperkirakan akan disertai dengan petir.

Untuk menghindari resiko sambaran petir ada beberapa tips yang harus dilakukan, yang pertama apabila terjadi hujan yang disertai petir agar segera masuk kedalam ruangan jika sedang berada di luar.

Kemudian jika sedang berada di kolam renang segera naik, serta menjauh, dan ketiga jangan berlindung dibawah pohon serta jauhilah tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi dan mudah tersambar petir, dan jangan berada di sawah, lapangan atau tanah.

“Jika sedang mengendarai motor segeralah berhenti dan carilah tempat untuk berlindung, jika berlindung di luar ruangan atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru