Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Selatan Minta Kades Segera Susun APBDes

  • Oleh Uriutu
  • 10 Januari 2020 - 15:46 WIB

BORNEONEW, Buntok - Wakil Bupati Barito Selatan Satya Titiek Atyani Djoedir meminta kepala seluruh kepala desa segera menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes 2020.

"Penyusunan APBDes ini sangat penting dalam upaya percepatan penyaluran Anggaran Dana Desa maupun Dana Desa  pada tahun 2020 ini," kata Aty Djoedir kepada Borneonews, Jumat, 10 Januari 2020.

Ia mengatakan, kalau dana desa cepat disalurkan sesuai tahapannya, maka program yang telah direncanakan dalam APBDes tersebut bisa berjalan maksimal dan tepat waktu.

Namun, lanjut dia, yang perlu diperhatikan dalam penyusunan APBDes harus benar-benar sesuai aturan, dan juga memperhatikan skala prioritas, sehingga pembangunan yang dilaksanakan menggunakan dana desa bisa dirasakan oleh masyarakat.

Menurutnya, dalam penyusunannya harus bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa atau BPD yang merupakan perwakilan dari masyarakat desa.

 

"Untuk itu, ketua dan anggota BPD pada setiap desa jangan sampai berseberangan, dan harus bekerjasama dengan kepala desa dalam membangun desanya, sehingga desanya bisa menjadi maju lagi kedepannya," ucap dia.

Ia juga meninta kepada masing masing desa agar bisa menjalin bekerjasama dengan pemerintah daerah, supaya pelaksanaan pembangunan dapat sejalan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten ini akan terus mengalami peningkatan.

"Mari kita bersama-sama membangun desa, supaya desa bisa menjadi lebih maju lagi kedepannya," ajak dia.

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DSPMD Barsel, Akhmad Haitami mengatakan sebelumnya juga pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi ini dalam upaya percepatan penyaluran dana desa pada 2020 ini.

"Karena, selama ini penyaluran dana desa selalu mengalami keterlambatan, apalagi Presiden sudah menyatakan bahwa dana desa harus bisa tersalurkan dengan baik, “ ucap dia. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru