Warga Khawatir Sungai Katingan Bakal Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Januari 2020 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kabupaten Katingan terutama yang tinggal di sekitar Sungai Katingan mengaku khawatir dengan kondis sungai yang pasang sejak beberapa hari terakhir.

"Biasanya kondisi air Sungai Katingan sudah pasang seperti ini, kalau ada hujan lebat terutama di bagian hulu dalam jangka lebih lima jam air sungai bisa meluap dan bisa terjadi banjir," kata Ipan, warga Kasongan, Jumat, 10 Januari 2020.

Kekhawatiran bakal terjadi banjir dalam waktu dekat dikatakan Samsul, pemilik keramba di Kasongan.

Pasalnya, jika air Sungai Katingan meluap maka arus sungai akan semakin deras. Akibatnya akan banyak sampah larut dari hulu termasuk sampah batang kayu.

"Kalau banjir biasanya yang kita khawatirkan banyak potongan batang kayu yang larut dan tidak jarang menghantam keramba ikan kita," katanya.

Samsul mengaku saat air sungai pasang seperti saat ini dirinya dan juga pemilik keramba lainnya harus ekstra menjaga keramba agar tidak rusak diterjang sampah batang kayu yang larut itu.

"Mudah-mudahan kondisi air Sungai Katingan tidak meluap," imbuhnya.

Sementara menurut informasi yang dihimpun borneonews.co.id, ruas jalan menuju Desa Handiwung Kecamatan Tasik Payawan masih terendam banjir. Bahkan ketinggian banjir di wilayah itu akibat luapan dari danau desa itu saat in bertambah.

Banjir juga diinformasikan merendam jalan arah menuju Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan sepanjang sekitar 2 kilometer dengan ketinggian rata-rata mencapai 1 meter.

Warga Talingke jika ingin ke luar wilayah harus menyeberang jalan terendam banjir dengan jasa kelotok atau CES. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru