Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Drummer Rush, Neil Peart Meninggal Dunia

  • Oleh ANTARA
  • 11 Januari 2020 - 11:00 WIB

Jakarta (ANTARA) - Neil Peart, drumer dan penulis lirik band asal Kanada, Rush, telah meninggal dunia di usia 67 tahun, dilansir Associated Press, Sabtu.

Perwakilan Peart, Elliot Mintz, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Peart meninggal di rumahnya di Santa Monica.

Band yang menaungi Peart pun mem-posting pesan di Twitter, mengkonfirmasikan berita tersebut.

"Dengan hati yang hancur dan kesedihan yang paling dalam kita harus berbagi berita mengerikan bahwa teman, saudara, dan teman band kita selama 45 tahun, Neil, telah berjuang selama 3,5 tahun melawan kanker otak," kata Rush.

Dikenal melalui talenta drum dan kepiawaian menulis lirik lagu, Peart sempat berada di urutan keempat dalam daftar 100 Penabuh Drum Terbaik Sepanjang Masa dari Rolling Stone, tepat di belakang Ginger Baker, Keith Moon dan John Bonham.

Peart, bersama dengan anggota band Geddy Lee dan Alex Lifeson, juga diberikan penghargaan di Rock & Roll Hall of Fame pada 2013.

"Kami selalu mengatakan itu bukan sesuatu yang sangat berarti bagi kami, tetapi kami tahu penggemar kami sangat peduli untuk divalidasi seperti itu - bahwa band favorit mereka seperti tim olahraga favorit mereka harus dirayakan sebagai juara," kata Peart kepada The Associated.

Peart lahir pada 12 September 1952 di Ontario, Kanada.

Ketika Rush dibentuk pada tahun 1968 bersama Lifeson, bassis Jeff Jones dan drumer John Rutsey. Setelah beberapa minggu, Lee menggantikan Jones, dan pada tahun 1974 Peart menggantikan Rutsey beberapa minggu sebelum tur pertama AS Rush.

Album pertama Rush dengan Peart - sekarang penulis lagu utama band - adalah "Fly by Night" yang sukses dan mendapat rekor platinum pada tahun 1975.

Berita Terbaru