Fasilitas Terminal Penumpang Pelabuhan Sampit akan Sama dengan Bandara

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Januari 2020 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Fasilitas terminal penumpang di Pelabuhan Sampit nantinya akan sama dengan fasilitas Bandara H Asan Sampit untuk memberikan pelayanan bagi penumpang kapal yang berangkat maupun datang.

"Nanti akan ada pembangunan terminal penumpang di Pelabuhan Sampit dan rencananya fasilitasnya sama dengan di bandara," ujar Bupati Kotawarigin Timur, Supian Hadi, Sabtu 11 Januari 2020.

Pembangunan dilakukan oleh Pelindo III. Pemkab Kotim sudah bertemu untuk membicarakan dan mereka sepakat membangun terminal penumpang yang lebih representatif.

"Nanti akan ada semacam cafe, dan ruang tunggu yang lebih nyaman bagi calon penumpang, sehingga tidak lagi seperti yang ada saat ini," katanya.

Selain itu untuk kapalng angkutan barang nantinya juga tidak ada lagi yang bongkar di Pelabuhan Sampit. Namun dipindahkan ke Pelabuhan Bagendang, karena di Pelabuhan Sampit hanya difokuskan untuk terminal penumpang.

"Kalau penumpang tetap di Pelabuhan Sampit, sedangkan barang akan dialihkan ke Pelabuhan Bagendang," katanya.

Selain itu sekitar terminal itu juga akan dibangun hotel atau bahkan semacam mall, sehingga akan menjadi salah satu tempat wisata di tepian Sungai Mentaya nantinya.

"Mudah-mudahan hal itu segera terwujud, sehingga bisa menjadi wisata baru di Kotim," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru