Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perahu Long Boat Masih Jadi Sarana Angkutan bagi Masyarakat Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 11 Januari 2020 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Angkutan sungai dengan menggunakan perahu motor jenis long boat hingga sekarang masih menjadi sarana angkutan warga menuju beberapa kecamatan di Kabupaten Seruyan.

Setiap hari angkutan sungai ini selalu tersedia di pelabuhan KP3 Kuala Pembuang untuk melayani warga yang bepergian ke desa yang letaknya berada di bantaran Sungai Seruyan.

Bahkan perahu panjang yang memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 40 penumpang ini, juga sebagai sarana angkutan orang dan barang menuju kecamatan Danau Sembuluh hingga ke Pembuang Hulu kecamatan Hanau.

Bambang, warga Kuala Pembuang mengaku sering menggunakan angkutan sungai ini, jika bepergian ke Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau.

"Menggunakan angkutan ini lebih praktis, jika menggunakan angkutan darat, kita harus melewati kabupaten tetangga dulu, karna akses jalan darat kita masih agak sulit dilalui," katanya, Sabtu, 11 Januari 2020

Untuk tujuan Pembuang Hulu biayanya Rp180 ribu per penumpang. Keberangkatan setiap hari pukul 08.00 WIB dan sampai di Pembuang Hulu sekitar pukul 15.00 WIB.

Lamanya waktu tempuh dikarenakan disepanjang perjalanan, motoris mengantar dan menjemput penumpang desa yang dilalui. (FAHRUL HAIDI/B-6)

Berita Terbaru