Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akun Gojek Diretas, Penyiar RRI Papua Kehilangan Rp 28 Juta

  • Oleh Teras.id
  • 11 Januari 2020 - 17:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) di Sorong, Prameswara, kehilangan uang Rp 28 juta di rekening banknya karena akun Gojek miliknya diretas. Prameswara ditipu pelaku yang mengaku sebagai pengemudi Gojek, setelah dia memesan makanan lewat layanan pesan-antar makanan GoFood.

Pada 6 Januari 2020, Prameswara memesan makanan dan menggunakan pembayaran lewat dompet digital GoPay. Dia kemudian ditelepon oleh seseorang yang mengaku sebagai pengemudi Gojek, yang mengambil pesanan GoFood.

Pelaku mengatakan saldo GoPay-nya sedang bermasalah sehingga dia meminta Prameswara untuk mengirim uang ke akun pribadinya agar pesanan bisa dibeli. Setelah itu, dia memberi instruksi pada korban untuk mengirim uang menggunakan e-banking atau ATM.

Prameswara yang tidak curiga, mengikuti anjuran tersebut. Dia baru sadar ada yang tidak beres setelah menerima SMS dari bank. Korban pun ke bank untuk membuat cetak rekening koran, dia kehilangan Rp 28 juta setelah transaksi dengan penipu yang mengaku-aku pengemudi Gojek tersebut.

Menanggapi kasus ini, Gojek menyatakan akan mendampingi korban penipuan di Sorong, Papua ini. 

"Sangat disayangkan Ibu Prameswara dan salah satu mitra pengemudi kami telah menjadi korban dari modus penipuan berbasis social engineering melalui telepon yang mengatasnamakan Gojek," kata Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia, Mulawarman, melalui pesan tertulis kepada Antara, Kamis 9 Januari 2020.

Gojek pun sudah menemui Prameswara dan memberi penjelasan atas kasus ini. Manajemen akan mendampingi korban sampai pelaku ditemukan dan uang yang dibobol dari akun bank korban dikembalikan.

"Gojek membantu korban untuk menyediakan bukti-bukti yang dibutuhkan dalam proses pembuatan laporan ke pihak kepolisian," kata Mulawarman.

Sebelumnya, viral kasus penipuan dengan modus serupa yang menimpa artis Maia Estianty di penghujung tahun 2019. Istri Irwan Mussry ini tengah memesan makanan lewat GoFood. Secara tiba-tiba sang pengemudi menghubungi Maia dan mengatakan bahwa motor yang dikendarainya mogok

Kemudian Maia melakukan apa yang diminta oleh pengemudi tersebut. Hal ini membuat saldo GoPay miliknya terkuras dan semua aplikasi di ponselnya diretas oleh oknum yang mengaku pengemudi ojol itu.

Berita Terbaru