Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Imbauan Anggota Satpolair Polres Kapuas saat Sambangi Nahkoda Kapal...

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 Januari 2020 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Satpolair Polres Kapuas secara aktif menyambangi para nahkoda, yang kapalnya sedang bersandar di pelabuhan wilayah DAS Kapuas. Pada kesempatan itu, mereka juga memberikan sejumlah imbauan.

Seperti yang sudah dilakukan personel Satpol Air Polres Kapuas Briptu Iman Saputra. Satu persatu kapal hingga feri penyeberangan disambangi berikut mengimbau agar lengkapi kelengkapan dokumen kapal maupun alat keselamatan.

Kasatpolair Polres Kapuaa AKP Krisistya Artantyo Octoberna mengatakan kegiatan pelayaran di perairan setiap kapal wajib melengkapi dokumen -dokumen dengan tujuan agar kapal benar-benar dalam kondisi baik saat berlayar.

"Iya, untuk anggota aktif menyambangi kapal saat sedang sandar di pelabuhan atau dermaga yang ada di sungai Kapuas. Juga untuk memberikan imbauan-imbauan," ucap AKP Krisistya kepada wartawan, Minggu, 12 Januari 2020.

Ia menuturkan, anggota mengimbau kepada nahkoda dan pemilik kapal agar melengkapi dokumen yang diperlukan serta terus melengkapi alat keamanan saat akan berlayar.


"Periksa lambung kapal cek adakah kebocoran, muatan tidak melebihi kapasitas, dilengkapi jaket pelampung yang cukup dan pastikan lampu penerangan di kapal," pintanya.

Adapun imbauan yang diberikan personel yakni menjelaskan sesuai Undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran. Sehingga, nahkoda dapat mengerti dan memahami pentingnya melengkapi dokumen-dokumen kapal. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru