Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Pekan Hijau Mendawai Dijadikan Ajang Sosialisasi Setop Kantong Plastik

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Januari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terobosan Lurah Mendawai terkait Pasar Pekan Hijau Mendawai digunakan sebagai ajang sosialisasi agar sejak dini warga menggunakan kantong jinjing dan tidak menggunakan kantong plastik dalam berbelanja.

Sosialisasi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut mulai untuk tidak menggunakan kantong plastik, baik penjual yaitu pedagang sayur holtikultura dan juga pembeli tidak boleh memakai kantong plastik.

Lurah Kelurahan Mendawai Zulhadi mengungkapkan, sosialisasi dilakukan sebagai peduli lingkungan karena Lokasi Pekan Hijau Mendawai berada di area Water From City bantaran Sungai Arut, Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Bun.

"Pekan depan, mungkin kami akan mengadakan rapat untuk pedagang yang berjualan. Agar, tidak lagi menyediakan kantong plastik sebagai tempat untuk barang jualan mereka, jadi nanti pembeli sudah menbawa jinjing masing - masing," ujarnya, Minggu, 12 Januari 2020.

Lanjutnya, secara bertahap pedagang nantinya akan disosialisakan untuk menyediakan tas jinjing sebagai pengganti tas plastik agar ditawarkan ke pembeli dengan harga pokok tas.


Zulhadi mengatakan, jika pembeli tidak membawa tas maka akan ditawarkan tas jinjing agar bisa membawa barang belanjaan. Begitu juga pembeli, harus membawa tas jinjing dari rumahnya sendiri. Jika tidak maka mereka harus membeli tas jika tidak ingin repot membawa barang belanjaan.

"Minggu depan, kita akan mensoalisasikan untuk pedagang, agar tidak menyediakan kantong plastik lagi, begitu juga masyarakat yang berbelanja, harus membawa tas jinjing. Jadi, sosialisasi ini akan terus kita lakukan apabila masih banyak yang memakai tas plastik," ungkapnya.

Diinformasikan, Pekan Hijau Mendawai dengan pasar sayur Holtikultura telah resmi dimulai pada, Sabtu, 11 Januari 2020, dan akan berlangsung setiap minggunya. Bagi masyatakat yang ingin berbelanja sayur segar harap membawa wadah atau jinjing dari rumah masing - masing, sebagai wujud mendukung kepedulian terhadap lingkungan. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru