Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Pulang Pisau Kesulitan Penuhi Tenaga Kesehatan di 2 Kecamatan Ini

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 12 Januari 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kesehatan Pulang Pisau kesulitan memenuhi tenaga kesehatan di dua kecamatan ini, yaitu Sebangau Kuala dan Kahayan Kuala. 

Hal itu dikarenakan beberapa wilayah yang ada di dua kecamatan itu masih terbilang wilayah pelosok. Sebab akses darat kebeberapa wilayah yang ada di dua kecamatan itu masih teramat sulit ditempuh. 

Kepala Dinkes Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, beberapa tenaga kesehatan yang ditempatkan di wilayah-wilayah pelosok itu sangat sulit bertahan. Alasan mereka berbagai macam. 

"Tidak betah, merasa sunyi, takut, ketersediaan makanan terbatas dan sebagainya," kata Muliyanto, Minggu 12 Januari 2020. 

Ia menambahkan, karena itu pihaknya memprioritaskan tenaga kesehatan dari masyarakat setempat. Hanya saja, mencari tenaga kesehatan dari penduduk setempat ini yang cukup sulit juga. 

"Kenapa harus penduduk lokal supaya ketika bertugas bisa lebih maksimal. Karena bekerja di daerahnya sendiri. Berbeda pasti kalau orang dari daerah lain yang ditempatkan," ucap Mul. 

Lanjut Mul, agar tenaga kesehatan itu betah bertugas di wilayah pelosok pemerintah daerah siap memberikan insentif Rp 2,5 juta sampai dengan Rp 5 juta. Hanya saja, insentif yang diberikan ini tampaknya juga belum bisa maksimal membuat tenaga kesehatan bertahan. 

"Sebab dari pengalaman ada yang kami berhentikan karena tidak melaksanakan tugas beberapa bulan dan ada juga yang mengundurkan diri karena tidak betah," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru