Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alami Alergi Makanan, Ini Obat Alergi Alami

  • Oleh Tempo.co
  • 12 Januari 2020 - 22:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Reaksi alergi makanan bisa kapan saja menyerang. Anda akan merasa tidak nyaman bahkan bisa juga mengancam nyawa. Jika sudah begini, Anda bisa mengonsumsi obat alergi makanan yang sesuai dengan resep dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengobati masalah ini dengan cara alami, contohnya memperbaiki pola makan.

Namun sebelumnya, ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa Anda benar-benar mengidap alergi makanan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan tes alergi di dokter atau laboratorium terpercaya.

Hal ini penting, mengingat alergi makanan kerap tertukar dengan intoleransi makanan. Padahal, keduanya berbeda penyebab sehingga berbeda pula penanganannya.

Cara paling ampuh untuk mengatasi reaksi alergi adalah menghindari makanan yang membuat Anda alergi itu sendiri. Memang, makanan apa pun dapat membuat Anda alergi, tapi para ilmuwan sepakat sekitar 90 persen alergi makanan disebabkan oleh delapan bahan, yakni susu sapi, telur, kacang pohon (almond, mede, dan lain-lain), kacang tanah, kedelai, makanan laut, gandum, dan ikan.

Meski demikian, bahan makanan tersebut kerap kali tetap masuk ke tubuh Anda, baik disadari atau tidak, sehingga memunculkan reaksi alergi. Beberapa gejala Anda mengalami alergi, yakni mual dan muntah, sakit perut, gatal-gatal, pusing, hingga anafilaksis (reaksi alergi parah).

Terdapat banyak bahan-bahan alami yang dipercaya dapat bertindak sebagai obat alergi makanan. Meski banyak orang sudah memberikan testimoni atas keberhasilan cara tersebut, hingga saat ini belum ada bukti medis yang mendukung klaim bahwa bahan alami itu memang dapat mengatasi alergi makanan.

Namun bagi Anda yang ingin mencoba, berikut cara alami untuk mengatasi alergi makanan:

1. Perubahan pola makan
Ganti pola makan Anda menjadi diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat kompleks, seperti kacang buncis, gandum utuh, dan sayur-sayuran. Cara ini diepercaya dapat mencegah alergi kembali lagi.

2. Bioflavonoid
Kandungan ini banyak ditemui pada buah-buahan, seperti jeruk dan blackcurrant, serta dapat berfungsi mirip dengan obat alergi makanan antihistamin. Selain lewat buah-buahan, antihistamin juga bisa didapat melalui suplemen.

3. Suplemen
Suplemen yang dipercaya dapat menjadi obat alergi makanan adalah yang mengandung minyak flaxseed, zinc, vitamin A, C, dan E. Namun, suplemen tersebut tidak meredakan gejala alergi, melainkan mencegah reaksi alergi kambuh lagi.

Berita Terbaru