Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seruyan Punya 2 Kampung Siaga Bencana

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 13 Januari 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan tengah, hingga sekarang telah memiliki dua Kampung Siaga Bencana atau KSB.

Kampung Siaga Bencana yang telah dibentuk pemerintah melalui Dinas Sosial yakni di Desa Kartika Bhakti Kecamatan Seruyan Hilir Timur dan di Des Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh.

Plt Kadis Sosial Esdi  melalui Kabid Perlindungan Jaminan Sosial M Hasan Basri mengatakan, saat ini di dua kampung siaga bencana telah memiliki para relawan yang  siap setiap saat apabila di perlukan untuk penanganan bencana.

“Pada kedua kampung siaga bencana ini, banyak para relawan dari warga setempat dan para tagana yang sudah dilakukan pelatihan untuk kesiapsiagaan bencana,” ujar M Hasan Basri, Senin, 13 Januari 2020.

Ia menyebutkan, bencana yang ditangani para relawan di KSB, bisa berupa bencana alam, bencana sosial maupun non bencana alam. Karena maksud dibentuknya KSB adalah pemberdayaan masyarakat.

Di tambahkannya, KSB merupakan suatu wilayah komunitas yang disiapkan untuk mengelola seluruh aspek dan proses penanggulangan bencana berbasis masyarakat, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengendalian, agar masyarakat memiliki kemampuan melakukan berbagai hal berkaitan kebencanaan. (FAHRUL HAIDI/B-5)

Berita Terbaru