Sejumlah Warga di Seruyan Dilatih Kerajinan Berbahan Pelepah Pisang

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 13 Januari 2020 - 12:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sejumlah warga desa di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, mendapat pelatihan membuat kerajinan tangan berbahan pelepah pisang.

Kadis Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seruyan Laosma Purba melalui Kasi Industri Hasil Pertanian dan Kehutanan Ideham Ramadhani mengatakan, warga yang mengikuti pelatihan kini sudah mahir membuat kerajinan tersebut.

"Warga Bangun Harja, Kartika Bhakti dan Pematang Panjang, kita ikutkan dalam pelatihan. Hasilnya mereka sudah mahir membuat berbagai kerajinan dari pelepah pisang," katanya, Senin, 13 Januari 2020.

Kerajinan tangan yang sudah diciptakan seperti tempat tisu, alas kaki, tas dan sampul buku.

Dia menjelaskan, ada beberapa tahapan untuk menciptakan kerajinan dari pelepah pisang. Seperti pencarian bahan yang memiliki serat, kemudian dilakukan penjemuran hingga dapat dipadukan dengan pola yang sudah ada.

"Kerajinan dari pelepah pisang ini, sudah beberapa kali kita ikutkan dalam beberapa kegiatan pameran dalam rangka mengenalkan potensi serta kreativitas para pengrajin di Seruyan," tandasnya.( FAHRUL HAIDI/B-7)

Berita Terbaru