Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jurnalis Menang Gugatan atas Gaji Tak Setara, Begini Reaksi BBC

  • Oleh Teras.id
  • 13 Januari 2020 - 12:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - BBC terpaksa membayar kepada sejumlah karyawannya uang lebih dari 3 juta pound sterling atau setara Rp 53,9 miliar agar tidak membawa media Inggris itu ke pengadilan lantaran pembayaran gaji yang tidak adil antara pria dan wanita. 

Pembayaran ini dilakukan setelah jurnalis BBC Samira Ahmed, 51 tahun, memenangkan gugatannya terhadap BBC di pengadilan lantaran ketidakadilan mengenai besaran gaji yang dia terima.

Shamira yang saat itu menjadi host dalam program Newswatch sejak tahun 2012 hanya digaji sebesar 440 pound sterling untuk setiap tayangan selama 15 menit.

Sementara rekan kerjanya Jeremy Vine, 54. yang bekerja untuk program Points of View antara tahun 2008 hingga 2018, dibayar 3 ribu pound sterling per episode.

Shamira membawa ketidakadilan pembayaran gaji oleh BBC ke pengadilan. Menurutnya, BBC memberlakukan ketidakadilan pembayaran gaji antara karyawan perempuan dan karyawan pria. Karyawan perempuan dibayar lebih kecil dibandingkan karyawan pria.

Gugatan Shamira dimenangkan oleh hakim Harjit Grewal secara keseluruhan.

"Kewalahan. Terima kasih atas kata-kata yang baik," kata Shamira menanggapi kemenangannya melawan BBC sebagaimana dilaporkan Daily Mail, 11 Januari 2020.

Kemenangan Shamira menginspirasi banyak karyawan untuk menuntut keadilan dalam pembayaran gaji atau honor.

BBC saat ini belum memutuskan apakah akan membayar kompensasi kepada sekitar 50 karyawannya atau akan menghadapi 70 kasus hukum lainnya di pengadilan.

Shamira menyatakan kemenangan dirinya di pengadilan juga karena dukungan serikat pekerja dan rekan kerjanya yang mendukung kesetaraan dalam pembayaran gaji antara perempuan dan pria.

BBC berkilah pembayaran gaji tidak setara karena kedua presenter melakukan pekerjaan yang serupa. Alasannya program yang dibawakan Shamira relatif kurang terkenal dibandingkan Points of View.

BBC membantah pembayaran gaji terhadap Shamira lebih kecil karena dia perempuan. Namun BBC menyatakan akan melakukan perubahan signifikan sesuai putusan pengadilan dan akan bekerja sama dengan Shamira Ahmed secara positif tentang kesetaraan gaji antara perempuan dan pria. (TERAS.ID)

Berita Terbaru