Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit DAS Kahayan di Gunung Mas Mulai Pasang

  • 13 Januari 2020 - 13:30 WIB

BORNREONEWS, Kuala Kurun - Debit Daerah Aliran Sungai atau DAS Kayahan yang mengalir di Kabupaten Gunung Mas mulai pasang. Hal ini karena beberapa hari terakhir intensitas curah hujan di wilayah setempat meningkat. 

Dari pantauan borneonews Senin, 13 Januari 2020 di Pelabuhan Kuala Kurun sungai kahayan menunjukan peningkatan debit air yang bertambah sekitar satu meter dari sebelumnya. 

Pasangnya DAS kahayan tersebut membuat arus sungai menjadi deras, sehingga banyak sampah atau ranting-ranting pohon yang hanyut terbawa arus dan menyangkut di rakit milik warga. 

Selain itu, peningkatan debit air kahayan juga meluap ke sejumlah anak sungai, seperti sungai Kahat sehingga sampah-sampah yang di bawah pemukiman warga menjadi berserakan. 

Meski demikian, Kabupaten Gunung Mas masih aman dari musibah banjir. Namun warga mengawatirkan akan tejadi banjir apabila hujan terus turun. 

"Masih belum banjir,  tapi kami kuatir akan terjadi banjir apalagi beberapa hari terakhir wilayah Kuala Kurun terus diguyur hujan lebat," kata Indra salah seorang warga yang tinggal di bantaran sungai Kayahan. 

"Hujan deras tidak hanya terjadi di wilayah Kuala Kurun, namun juga terjadi di bagian hulu sebab itu DAS sungai kahayan cepat meningkat," timpal warga lainnya, Andri. (HENDRA/B-7)

Berita Terbaru