DPRD Minta Pelaku UMKM di Gunung Mas Kembangkan Kreativitas

  • Oleh Hendra
  • 13 Januari 2020 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Gunung Mas, Untung J Bangas meminta pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM wilayah setempat untuk mengembangkan kreativitas supaya usaha yang dimiliki dapat lebih maju. 

"Pelaku UMKM di daerah kita ini hendaknya mengembangkan kreativitas untuk kembali mengolah produk lokal sehingga memilik nilai jual," ujarnya,  Senin, 13 Januari 2020.

Salah satu contoh yang dapat diolah kembali yaitu buah lokal. Pasalnya, ketika musim panen buah tiba harganya akan turun dan banyak buah menjadi tidak laku terjual sehingga menjadi busuk dan itu menyebabkan kerugian. 

Padahal, lanjutnya dengan berbahan buah lokal yang tidak laku tersebut dapat diolah kembali dengan berbagai macam bentuk olahan baru, apalagi jika benar-benar dikembangkan akan memiliki nilai jual yang ekonomis. 

Politisi Partai Demokrat itu menyebutkan di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau masih banyak potensi-potensi yang belum dibuka luas. Contohnya dalam pemanfaatan sumber daya alam. 

Oleh sebab itu, ia meminta kepada pelaku UMKM dan masyarakat untuk mengembangkan kreativitas dan mau berinovasi sehingga dapat meningkat pendapatan ekonomi keluarga. 

"Saya berharap para pelaku UMKM di Kabupaten Gunung Mas ini tidak hanya terpaku menjadi pelaku UMKM tresier atau penyalur produk, namun juga menjadi pelaku UMKM,  kategori primer atau produsen," tuturnya. (HENDRA/B-7) 

Berita Terbaru