Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Retas Facebook Anggota TNI, Napi Lapas Palangka Raya Tipu Korban Hingga Setengah Miliar Rupiah

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 13 Januari 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Edo Purnama (26), seorang narapidana Lapas Kelas IIA Palangka Raya nekat meretas akun Facebook milik personel TNI AD sejak tahun 2019. Aksi tersebut dilakukannya untuk melakukan penipuan. 

Napi kasus pembunuhan dan penipuan tersebut mengaku meretas akun facebook oknum TNI AD bernama Trianto Saputra dari dalam lapas sejak 2019.

"Sudah setengah tahun pak melakukannya," ujar Edo saat diinterogasi Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, Senin, 13 Januari 2020.

Dalam beraksi selama setengah tahun tersebut, sudah lebih dari 70 orang korban yang berhasil ditipu Edo dan mengirimkan uang dengan jumlah bervariasi.

"Total kerugian diperkirakan bisa mencapai Rp 400 - 500 juta dari para korban yang tersebar di berbagai daerah, termasuk luar negeri," jelas Edo tanpa beban. 

Sementara itu, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri mengatakan kasus ini terungkap setelah adanya laporan dari masyarakat yang menjadi korban penipuan narapidana tersebut.

"Ada dua orang yang melaporkan ke kita, kemudian dilakukan penyelidikan dan akhirnya terungkap jika pelakunya napi di Lapas Palangka Raya," ujar Jaladri. (ARNOLDUS/B-11)

Berita Terbaru