Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa di Kotawaringin Timur Diminta Tunjukkan Keunggulan Wilayah

  • Oleh Naco
  • 13 Januari 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, M Khozaini mendorong agar setiap desa di daerah ini menunjukan unggulan di wilayah masing-masing.  

Salah satunya dengan mengelola potensi desa itu sendiri untuk dikenalkan di daerah lain. Untuk itu, dia memint pemkab membina desa-desa yang ada.

"Ya paling tidak dari 168 desa ini, ada 20 - 30 desa binaan agar  bisa jadi unggulan dan dikenalkan di daerah lain,” kata Khozaini, Senin, 13 Januari 2020.

Salah satu contohnya, desa yang sentra mengembangkan buah durian, rambutan, dan lainnya. Atau juga desa penghasil rotan, kerajinan, dan  sebagainya. Hal semacam ini perlu ada terobosan. Ini juga tugas dari Dinas PMD  Kotim bersama dengan masyarakat atau UMKM yang ada di desa.

Ia menyebutkan sejumlah desa di Kotim ini sebenarnya memiliki potensi yang sungguh luar biasa. Namun belum terkelola dan dibina dengan baik oleh pemerintah. 

"Desa-desa unggulan di Jawa itu hampir sama dengan desa kita ini, cuma mereka lebih dulu ada terobosan. Serta dibina dan dikelola sehingga menjadi unggulan, yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan bagi pemerintah desa dan warganya," tukasnya.

Khozaini berharap unggulan di desa itu bisa dikelola dengan baik. Apalagi saat ini setiap desa punya ruang anggaran yang besar dari ADD dan DD. (NACO/B-11)

Berita Terbaru