Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Faktor Kenapa Wanita Mudah Tertipu

  • Oleh Agus Priyono
  • 13 Januari 2020 - 23:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kasus penipuan yang dilakukan Edo Purnama, seorang nara Lapas Kelas IIA Palangka Raya yang mengaku sebagai anggota TNI ini cukup menggegerkan.

Pasalnya, dengan bermodal akun media sosial palsu, pria asal Medan ini mampu menipu 70 orang dengan total kerugian mencapai Rp 500 juta. Menariknya sebagian besar korbannya adalah wanita.

Menanggapi kasus ini, Psikolog Rensi mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita mudah termakan bujuk rayu yang membuatnya menjadi salah satu korban penipuan.

Kepada Borneonews.co.id, Rensi mengatakan jika faktor kurang perhatian, kemudian masalah dengan keluarga atau pasangan membuat para wanita menjadi korban. Kondisi ini tentu membuat wanita mencari orang lain untuk dijadikan sebagai tempat untuk berkeluh kesah.

"Banyak faktor yang menyebabkan kenapa seseorang sampai tertipu dan salah satunya orang yang punya masalah keluarga dan pada akhirnya mencari pelarian," ujarnya melalui telepon, Senin 13 Januari 2020.

Ia menambahkan jika karakterstik perempuan secara emosional memang lebih dominan, sehingga bagi sebagian perempuan hal ini bisa mengesampingkan kemampuan berpikir rasionalnya. Hal itulah yang dimanfaatkan pelaku untuk mengontrol korbannya.

"Itu yang dimanfaatkan. Kalau pelaku itu sudah dapat kuncinya dia akan dengan mudah mempermainkan perasaan korban. Dengan iming-iming janji, korban menjadi tidak berdaya, sehingga permintaan dari pelaku ini bisa dikabulkan korban," tandasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru