Dinas Kesehatan Pulang Pisau Pantau Daerah Rawan Banjir

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 13 Januari 2020 - 23:52 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau memantau daerah rawan banjir. Pantauan itu dilakukan secara langsung dengan turun ke lapangan oleh tim yang dibentuk dinas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan pantauan ini untuk memudahkan nantinya penanganan kesehatan jika terjadi banjir. Apalagi saat terjadi musim hujan seperti ini beberapa daerah di Pulang Pisau menjadi langganan banjir.

"Kami sudah punya data. Jadi nanti kalau ada banjir di daerah mana kami cuma tinggal menuju lokasi dan sudah tahu medannya seperti apa," katanya, Senin 13 Januari 2020.

Saat banjir biasanya rawan terjadi diare dan gatal. Dinas kesehatan memastikan agar obat-obatan bisa sampai ke korban yang mengalami gangguan kesehatan akibat terdampak banjir.

"Tapi kami pastikan ketersediaan obat siap. Intinya dalam menghadapi bencana banjir siap," ujarnya.

Dia mengingatkan musim hujan ini bukan hanya dampak dari banjir yang harus diwaspadai masyarakat, tapi masyarakat juga harus waspada terhadap demam berdarah.

"Intinya jaga lingkungan agar selalu bersih, termasuk pola makan juga harus diperhatikan agar tidak mudah terkena penyakit," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru