UNBK SMP - MTs Kotawaringin Barat Bakal Diikuti 4.300 Pelajar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 Januari 2020 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendata sebanyak 4.300 pelajar SMP/MTs bakal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 20 - 23 April 2020.

Kepala Disdikbud Kobar Rosihan Pribadi, Selasa, 14 Januari 2020 menjelaskan, dalam pelaksanaan UNBK tahun ini, pihaknya mengupayakan seluruh sekolah bisa melaksanakan. Tidak ada lagi yang melaksanakan UNKP.

"Pelaksanaan UNBK tersebut bisa digelar secara mandiri selama sekolah sudah memiliki perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan server dan internet, atau menumpang di sekolah terdekat yang memiliki infastruktur komputer tersebut," jelas Rosihan.

Rosihan mencontohkan ada sejumlah sekolah bisa memberikan tumpangan, bagi SMP yang belum memiliki fasilitas komputer beserta internet.

"Contohnya SMA 1 Pangkut. Ada beberapa SMP terdekat yang namtinya bakal menumpang di sekolah tersebut untuk pelaksanaan UNBK. Atau SMP di Tanjung Putri bisa menumpang ke SMP 1 Arsel, dan SMP di Desa Sungai Cabang menumpang ke SMP di Kubu," jelas Rosihan.

Menurut Rosihan perhitungan jumlah komputer dibandingkan dengan total jumlah siswa yang melaksanakan UNBK serta yang menumpang yakni sepertiga dari total peserta.

"Untuk itu nantinya, pelaksanaan ujian bisa dibagi menjadi 3 shift. Sebagai bentuk persiapan pelaksanaan UNBK tersebut, kita bakal mengecek infrastruktur sekolah," jelas Rosihan.

"Dalam pengecekan tersebut kita akan memastikan di sekolah sudah siap infrastruktur pc atau laptop, jaringan, serta teknisi dan proktor yang bertugas menjaga saat pelaksanan ujian," jelas Rosihan. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru