Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Desa di Kotawaringin Timur Mulai Digenangi Air

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Januari 2020 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini sudah mulai digenangi air. Ini terjadi karena intensitas hujan yang tinggi sehingga air sungai mulai naik dan menggenangi permukiman. 

"Sudah ada laporan dari pemerintah desa, di daerah mereka sudah mulai digenangi air. Namun tidak banjir," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Yephi HP, Selasa, 14 Januari 2020. 

Desa yang sudah mulai digenangi air tersebut yakni di Desa Tumbang Mujam Kecamatan Mentaya Hulu, dan juga di jalan perusahaan sawit sekitar Desa Pemalian Kecamatan Kota Besi. 

Genangan air tersebut terjadi setelah hujan deras melanda daerah tersebut. Dibarengi dengan air pasang. Sehingga debit air mulai meninggi dan mulai masuk ke pemukiman masyarakat. 

"Meskipun begitu, belum ada laporan banjir yang terjadi. Namun kami berharap halnitu tidak terjadi kedepannya," kata Yephi. 

Ia berharap agar keadaan tersebut mulai menjadi perhatian oleh masyarakat, perangkat desa dan juga pihak kecamatan. Utamakan pencegahan yang sifatnya menghindarkan terjadinya kerugian harta dan tentunya korban jiwa. 

"Kalau genangan air sudah mulai rawan, maka segera laporkan kepada pihaknya. Sehingga penanganan bisa secepatnya dilakukan," terang Yephi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru