Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Keluarga 2020 untuk Masyarakat Kalimantan Tengah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Januari 2020 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ma'had Al-Qur'an Andalusia Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar sekolah keluarga untuk masyarakat Kotawaringin Timur (Kotim) dan juga Palangka Raya. 

Sekolah Keluarga tersebut sebagai salah satu forum belajar bagi para ayah bunda, suami dan Istri, calon suami dan calon ayah, calon istri dan tentu calon Ibu yang ingin terus bertumbuh menjadi lebih hebat.

"Sekolah keluarga ini sebagai tempat untu para orangtua, agar suskes mengantarkan anak-anaknya menjadi manusia unggul. Karena yang diajarkan berkaitan langsung dengan kehidupan keluarga," ujar Pimpinan Ma'had Al-Qur'an Andalusia Kalimantan Tengah (Kalteng), yang juga ketua panitia sekolah keluarga Ustadz Wira, Selasa, 14 Januari 2020. 

Dirinya menerangankan bahwa unsur terpenting dalam sebuah bangsa adalah manusianya. Hebat tidaknya sebuah bangsa akan sangat ditentukan oleh kualitas dan kapasitas manusia. Dan manusia yang luar biasa selalu lahir dari keluarga yang luar biasa pula.

Dalam hal pendidikan anak, orangtua menjadi yang paling besar peran dan tanggung jawabnya. Sebab itulah, orangtua harus menjadikan diri mereka guru pertama bagi anak-anak mereka. Keduanya harus menjadi terjemah hidup dari setiap nilai-nilai kebajikan.

"Inilah yang diisyaratkan oleh Allah didalam al-Qur'an ketika dia berfirman, yakni wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka, QS at-Tahrim ayat 6," kata Ustadz Wira. 

Dalam salah satu tafsir dari ayat tersebut menyebutkan, yang dimaksud menjaga diri dan keluarga dari api neraka adalah dengan belajar adab dan ilmu. Lalu mengajarkan keduanya kepada anggota keluarga yang lain.

Ayat tersebut juga menegaskan peran sesungguhnya dari para orangtua. Tentu bukan hanya memberikan sandang, pangan, dan papan yang paling utama. Melainkan mengajarkan adab serta ilmu. Dan agar fungsi sebagai guru adab serta ilmu ini bisa dijalankan, maka orangtualah yang harus tampil pertama kali menjalankan nilai-nilai ilmu dan adab tersebut.

"Tujuan akhirnya adalah agar para orangtua suskes mengantarkan anak-anaknya menjadi manusia unggul sebagai unsur terpenting dalam sebuah bangsa," terang Ustadz Wira. 

Sekolah keluarga tersebut akan dilaksanakan di Sampit dan Palangkaraya. Pada tanggal 18 & 19 Januari 2020, dengan menghadirkan Ustadz Bendri Jaisyurrahman dari Jakarta sebagai pembicara utama. Beliau adalah guru parenting dan penulis buku Fatherman.

Berita Terbaru