Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pematang Karau Target Hasilkan Benih Padi Siam Busu 30 Ton

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Januari 2020 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tiga Desa yang ada di Kecamatan Pematang Karau ditargetkan menghasilkan 30 ton benih padi Siam Busu untuk memenuhi kebutuhan benih padi unggul di Barito Timur maupun daerah lain.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi saat memantau lahan penangkaran benih padi di Desa Kupang Bersih Kecamatan Pematang Karau sekaligus memastikan lahan sawah tersebut aman dari banjir. Selasa, 14 Januari 2020.

"Benih yang ditangkar yaitu benih unggul padi lokal Siam Busu," kata Riza.

Penangkaran benih padi itu dilakukan oleh kelompok tani di setiap desa yakni Desa Kupang Bersih Kelompok Tani Kari Hapakat, Desa Ketab Kelompok Tani Nobilahi dan di Desa Lampeong Kelompok Tani Mekar Sari. Masing-masing kelompok tani ditargetkan untuk menghasilkan benih padi sebanyak 10 ton.

"Selain jadi penghasil benih, kita berharap produktivitas lahan sawah di daerah ini dapat ditingkatkan sehingga kita juga menjadi produsen beras karena kita sudah miliki rice mill dengan kapasitas produksi yang besar," imbuh Riza.

Karena itu, dengan semakin bagusnya irigasi sawah di Desa Kupang Bersih dan desa lain di Kecamatan Pematang Karau, Dia berharap diimbangi dengan produktivitas pertanian yang meningkat pula.

"Saya berharap petani disini bisa tanam padi dua kali bahkan tiga kali dalam setahun," ujar Riza.

Sementara itu, Babinsa dari Koramil Pematang Karau Serma Joko Purwanto yang turut menghadiri kegiatan tanam padi, menyatakan dukungan atas program penyuluhan maupun pendampingan pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur.

"Selama ini kerjasama dengan TNI juga bagus dan koordinasi dengan PPL maupun Dinas Pertanian sangat bagus sehingga memudahkan kita untuk membantu petani jika mengalami kendala," kata Serma Joko. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru