Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Bakal Terapkan E-planning

  • Oleh Uriutu
  • 14 Januari 2020 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bakal menerapkan e-planning untuk meningkatkan kinerja pegawai. 

"Program e-planning ini untuk menyingkronkan program-program kerja serta untuk sistemnya di marger, dan ada keterkaitannya dengan e-kinerja," kata Sekda Barse, Edy Purwanto kepada Borneonews, Selasa, 14 Januari 2020.

Ia menjelaskan, e-planning itu arahnya pada sistem terkait bagaimana sistem perencanaan, penganggaran, evaluasi dan monitoringnya, bahkan ada sanksi yang akan diberikan oleh pemerintah kepada instansi yang tidak bisa menjalankan program dengan baik.

Jadi e-planning dan e-kinerja, lanjut dia, merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan, dan e-kinerja akan berjalan dengan baik apabila sistemnya dijadikan satu dengan e-planning.

Ia mengakui, saat ini penerapannya memang masih belum berjalan secara maksimal, dan yang sudah berjalan yakni absensi elektronik.

"Kendala yang dihadapi terkait penerapan e-planning dan e-kinerja itu ada keterkaitannya dengan sarana dan prasarana, termasuk sarana pendukung lainnnya seperti jaringan internet," ucapnya.

Untuk di wilayah kecamatan, kata dia, sejak dua tahun lalu sudah ada jaringan internet yang dibayar oleh pemerintah daerah, sedangkan bagi pegawai yang bertugas di wilayah desa yang tidak memiliki jaringan internet masih terkendala dan ini perlu diformulasikan bagaimana mempersiapkan jaringan internetnya.

Meskipun demikian, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan SDM, sarana dan prasarana, pendanaan, termasuk sarana pendukung lainnya berupa jaringan internet, agar penerapan e-planning dan e-kinerja ini bisa berjalan dengan baik.

"Semoga ini bisa segera diterapkan, karena sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja ASN dan kita menargetkan pada APBD 2020mendatang e-planning ini sudah bisa diterapkan," harap dia. (URIUTU DJAPER/m).

Berita Terbaru