Jalan Menuju Bandara Baru Longsor, Dinas PUPR Segera  Lakukan Perbaikan

  • Oleh Ramadani
  • 14 Januari 2020 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Jalan yang dibangun pemerintah daerah menuju ke bandara baru di Kabupaten Barito Utara yakni Bandara Haji Muhammad Sidik mengalami longsor di beberapa titik.

Longsornya jalan tersebut karena hujan yang melanda kawasan Barito Utara selain juga kurang parit atau drainase di sepanjang jalan tersebut sehingga tanah yang berada di sisi jalan terbawa oleh air.

Dengan kejadian tersebut, pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera melakukan langkah perbaikan terhadap jalan tersebut.

Selain melakukan perbaikan terhadap longsor, Dinas PUPR Barito Utara juga membangun median. Pembangunan median jalan ini untuk mencegah longsor atau tergerusnya tanah di dalam median jalan tersebut.

“Kita saat ini melakukan perbaikan terhadap longsor di beberapa titik jalan menuju bandara baru akibat intensitas hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari terkahir ini. Perbaikan ini dilakukan melalui program Unit Perawatan Rutin (UPR) Dinas PUPR,” kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Rody di lokasi jalan menuju bandara, Selasa 14 Januari 2020.

Rody juga menambahkan, untuk mencegah terjadinya longsor kembali bila terjadi hujan, pihaknya juga akan melakukan pemancangan kayu galam di beberapa titik tertentu yang rawan longsor.

“Akan kita pancang kayu galam untuk menahan longsor di beberapa titik yang rawan longsor,” katanya.

Ia menyampaikan, panjang jalan masuk menuju ke Bandara Haji Muhammad Sidik yakni dua kilometer.

Berdasarkan pantauan di lapangan, dari simpang masuk bandara baru terlihat ada beberapa titik jalan yang mengalami longsor akibat tergerus hujan, namun sudah dilakukan penimbunan menggunakan alat berat dari Dinas PUPR.(RAMADHANI/m) 

Berita Terbaru